PlayStation 5 Siap Meluncur

65
0

Sony mengumumkan PS5 akan diluncurkan pada tanggal 12 November 2020 untuk Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan. Dan dijual secara global tanggal 19 November 2020

Animo terhadap PS5 memang sangat tinggi sejak diberitakan hendak dirilis jelang akhir 2020. Sudah ada sejumlah games yang diumumkan misalnya Horizon Forbidden West, Hogwarts Legacy dan Spider-Man: Miles Morales.

Design :

Untuk Design PS5 adalah konsol yang tampak sangat berbeda dengan PS4, dengan skema warna hitam-putih yang terlihat sedikit berbeda dengan PlayStation sebelumnya.

PS5 memiliki dua varian perangkat yaitu 4K Blu-ray dan Digital Edition. Varian 4K Blu-ray tampak jauh lebih tipis dibanding satu varian lainnya sebab perusahaan tidak menyematkan drive (hard disk).

Keduanya menggunakan pengisian daya USB-C untuk pengontrolnya, dan dapat menggunakan berbagai aksesori dari sony

Campuran melengkung dari plastik hitam dan putih dengan sentuhan lampu biru, sangat berbeda dari desain ‘ hitam’ konsol PlayStation sebelumnya.

Spesifikasi :

  • CPU: AMD Zen 2-based CPU with 8 cores at 3.5GHz (variable frequency)
  • GPU: 10.28 TFLOPs, 36 CUs at 2.23GHz (variable frequency)
  • GPU architecture: Custom RDNA 2
  • Memory interface: 16GB GDDR6 / 256-bit
  • Memory bandwidth: 448GB/s
  • Internal storage: Custom 825GB SSD
  • IO throughput: 5.5GB/s (raw), typical 8-9GB/s (compressed)
  • Expandable storage: NVMe SSD slot
  • External storage: USB HDD support (PS4 games only)
  • Optical drive: 4K UHD Blu-ray drive

Harga :

Untuk Harganya sendiri Standard Edition USD 499,99 atau kisaran Rp 7,4 juta. Digital Edition dilepas lebih murah lagi, yakni USD 399,99 atau kisaran Rp 5,9 juta. PS5 menjadi saingan keras dari Xbox X Series yang juga akan meluncur pada waktu yang sama dan harga yang setara.

Preorder

Animo masyarakat terkait konsol baru ini begitu tinggi, pas peluncuran sejumlah situs yang menyediakan preorder langsung stock kosong

Melansir Engadget, Sony secara efektif meluncurkan pre-order untuk konsol tersebut pada 17 September 2020. Tetapi banyak retailer yang telah memulai pre-order setelah acara showcase PS5 berakhir.

Sebuah email yang dikirim Amazon ke banyak pelanggan pre-order memperingatkan bahwa konsol mungkin tidak tiba pada tanggal rilis, yakni 12 November di Amerika Serikat. Beberapa pelanggan membagikan pesan di media sosial dan menyatakan bahwa pengiriman mungkin tertunda karena permintaan yang tinggi.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan item tersebut kepada Anda sesegera mungkin setelah dirilis,” kata Amazon.

Email Amazon selanjutnya mengatakan bahwa pelanggan dapat melacak status pesanan mereka di situs webnya dan membatalkan barang yang dipesannya.

Melansir The Verge, situasi pre-order yang kacau dimulai hanya beberapa minggu setelah Sony memulai registrasi khusus undangan untuk pre-order PS5. Eric Lempel, kepala pemasaran PlayStation di seluruh dunia sebelumnya telah berjanji pre-order akan dilakukan dengan aman.

Tak hanya Amazon, Walmart juga mengalami masalah dalam pre-order PS5. Bahkan, beberapa pre-order di sejumlah situs online menghilang setelah sekitar satu menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *