Kolaborasi Google dan Samsung Membuat Samsung Lebih Cepat Terima Android 13

86
0

November tahun ini Samsung mulai mendistribusikan sistem operasi terbaru Android 13 lebih cepat ke pengguna.karena Samsung karena Samsung sejak Oktober lalu sudah mendistribusikan pembaruan antarmuka (update user interface/UI) OneUI 5.0 yang didesain berbasis Android 13 versi stabil

Dibandingkan distribusi antarmuka versi sebelumnya, yaitu OneUI 4.0. berbasis Android 12 yang mulai disebar pada November 2021., distribusi update OneUI 5.0 ini lebih cepat

Meski vendor Ponsel pesaing Samsung lainnya sama sama mulai menggelontorkan pembaruan antarmuka yang berbasis Android 13 pada bulan November 2022., Samsung berhasil “mencuri start” dengan meluncurkan OneUI 5.0 berbasis Android 13 versi stabil lebih awal di bulan Oktober 2022.

Menurut Samsung dalam acara diskusi Roundtable OneUI secara virtual, hari ini, Selasa 22/11/2022 siang. update OneUI 5.0 berbasis Android 13 lebih cepat ke pengguna karena kolaborasi Samsung dengan Google sebagai pengembang OS Android.

Berkat kolaborasi itu Samsung bisa melihat lebih awal fitur-fitur Android apa saja yang sekiranya bakal disertakan lewat update OneUI 5.0.

“Sejak peluncuran perangkat ponsel lipat Galaxy Z Flip/Fold 4 pada Agustus lalu, kami telah melakukan kolaborasi engineering yang mendalam dengan Google,” ungkap Sally Jeong, Head of Framework R&D, Mobile eXperience Business Samsung Electronics.

Manfaat lainnya dari kolaborasi itu Samsung bisa menanggulangi sejumlah tantangan yang biasa dihadapi ketika mendesain antarmuka dengan sistem operasi baru. seperti material user interface dan tema.

“Kami juga mencoba mengurangi ketergantungan add-on OS sehingga memungkinkan untuk mempercepat seluruh proses mendesain dan mendistribusikan (antarmuka) kami yang baru,” kata Head of Framework R&D, Mobile eXperience Business Samsung Electronics. Sally Jeong

Jeong juga menjelaskan bahwa Samsung punya standar tersendiri untuk memilih fitur Android 13 mana saja yang bakal disertakan ke OneUI 5.0.

“Kami mencari fitur yang memiliki identitas yang konsisten dengan OneUI. Kami tidak bakal membawa fitur yang serupa dengan yang sudah kami miliki,” kata Jeong.

Menurut Jeong update OneUI 5.0 perfokus pada personalisasi. Pada saat yang sama, Samsung juga berusaha mengoptimalisasi aplikasi yang dibawa OneUI 5.0 ini agar tidak terlalu membebani memori perangkat (ROM maupun RAM).

Fitur baru OneUI 5.0 One UI 5.0 menawarkan pengalaman yang bisa disesuaikan (custom) sepenuhnya oleh pengguna. Beberapa fitur baru yang dipakai oleh One UI 5.0 yaitu gaya jam baru, pop up notifikasi yang berbeda dengan UI sebelumnya hingga kemampuan untuk memotong video dan memasangnya di lock screen (layar kunci).

Dengan pembaruan ini, pengguna ponsel Samsung mampu menikmati sejumlah fitur baru, termasuk serangkaian opsi tema warna yang lebih banyak, opsi menggabungkan widget untuk menghemat ruang di layar, kontrol baru untuk memblokir notifikasi dari aplikasi tertentu, dan pengalaman mode Samsung Dex yang ditingkatkan.

Pembaharuan antarmuka ini juga diklaim menawarkan fitur keamanan yang ditingkatkan. Misalnya, One UI 5.0 akan memperingatkan pengguna ketika mereka membagikan foto yang mungkin memuat data penting seperti paspor atau kartu identitas lainnya.

OneUI 5.0 untuk pertama kalinya disebar ke perangkat Samsung flagship Galaxy S22 series Disamping itu Samsung sudah menyebarkan pada perangkat kelas menengah seperti update OneUI 5.0 untuk ponsel mid-range Galaxy A series.

Sampai akhir November ini sampai akhir Desember 2022, Samsung dijadwalkan menyebar update OneUI 5.0 untuk perangkat Samsung Galaxy A53 5G, Galaxy A33 5G, Galaxy A52s 5G, Galaxy A51 5G, dan Galaxy A32.

Rencananya pada tahun depan Samsung melanjutkan penyebaran update OneUI 5.0 berbasis Android 13 untuk ponsel flagship dan mid-range yang lebih lawas.

Di Indonesia, update OneUI 5.0 berbasis Android 13 ini sudah menghampiri sejumlah ponsel Galaxy. Karena sudah berbasis Android 13, nantinya, saat pemilik 8 model ponsel Galaxy di atas melakukan update OneUI 5.0, sistem operasi di ponsel Samsung juga akan otomatis ditingkatkan (upgrade) dari Android 12 ke Android 13.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *