Kelebihan iPhone 14 Pro Max

68
0

Apple telah resmi mluncurkan iPhone 14 Series pada acara Apple Event 2022 kemarin. Seri ini terdiri dari 4 model yaitu iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Sebagai merek HP premium, iPhone tentu menawarkan berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh smartphone lain atau seri iPhone sebelumnya, Salahsatunya yang menonjol Dynamic Island, poni – yang tadinya hanya sebagai tempat bernaung kamera depan dan beberapa sensor – kini menjadi komponen yang hidup. Dynamic Island  inilah yang membuat iPhone 14 Pro Max jadi perbincangan Berikut ulasan dari berbagai sumber mengenai iPhone 14 Pro Max

Spesifikasi iPhone 14 Pro Max

LayarLTPO Super Retina XDR OLED 6.7 inci
ChipsetApple A16 Bionic
RAM6 GB
Memori Internal128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera48 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide) MP (ToF Lidar)
BateraiLi-Ion 4323 mAh

Kelebihan iPhone 14 Pro Max

Tujuh poin di bawah ini menjelaskan kelebihan yang dimiliki iPhone 14 Pro Max. Kelebihan-kelebihan tersebut menjadi faktor yang membuat ponsel ini dapat mencuri perhatian calon pembeli. Berikut penjelasannya.

Dynamic Island yang Inovatif

Dynamic Island. Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, istilah fitur ini terdengar lucu. Mungkin terjemahan yang lebih enak didengar adalah “Ruang Dinamis” alih-alih “Pulau Dinamis”.

Apa pun itu, Dynamic Island merupakan fitur kreasi Apple yang benar-benar baru dan inovatif. Fitur ini secara tampilan membuat poni layar bisa memanjang, memendek, atau menciptakan dua gelembung terpisah, sesuai perintah yang diberi.

Dynamic Island pun membuat poni yang sebelumnya statis kini menjadi hidup. Pasalnya, poni iPhone 14 Pro Max tak lagi berfungsi untuk menyamarkan keberadaan sensor pemindai muka dan kamera depan.

Secara singkat, Dynamic Island adalah sistem yang menampilkan informasi singkat mengenai apa yang sedang dikerjakan oleh aplikasi. Nilay Patel dari The Verge menyebut Dynamic Island sebagai widget penampil sistem status.

Sebagai ilustrasi, apabila Anda memutar musik, bagian poni layar HP ini akan memanjang lalu menampilkan judul, album, dan visualisasi nada. Mengetuk poni akan membuat Anda masuk ke aplikasi pemutar lagu. Sementara itu, ketika Anda menekan poni dalam waktu lama, Anda akan bisa mengakses tombol playpauseforward, dan rewind.

Pemutar lagu hanyalah satu dari sekian contoh aplikasi yang kompatibel dengan Dynamic Island. Visualisasi ala Dynamic Island juga dapat Anda rasakan saat sedang bernavigasi dengan aplikasi Apple Maps, timer, bahkan aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp dan Spotify.

Ke depan, akan lebih banyak lagi aplikasi pihak ketiga yang kompatibel dengan Dynamic Island. Yang mungkin jadi pertanyaan Anda adalah, bagaimana tampilan Dynamic Island jika aplikasi yang berjalan lebih dari satu?

Dynamic Island punya tiga tampilan yakni tampilan utama, tampilan yang diperluas, dan tampilan dengan ikon kecil. Tampilan ketiga adalah yang akan Anda lihat jika ada dua aplikasi yang berjalan di latar belakang. Adapun sistem akan otomatis memilih dua aplikasi terpenting kalau ada lebih dari dua aplikasi yang berjalan.

 Peningkatan Sensor Kamera Utama

Keunggulan berikutnya dari segi kamera. Khusus untuk iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, Apple menyematkan kamera utama 48 MP. Untuk pertama kalinya, jajaran Pro dilengkapi kamera Utama 48 MP aperture f/1.8 dengan sensor quad-pixel.

Sensor ini menggabungkan setiap 4 piksel menjadi satu quad-pixel sehingga mampu menghasilkan foto yang bagus meski berada di area minim cahaya.

Kamera utama 48 MP juga dipadukan dengan kamera telephoto 12 MP aperture f/2.8 yang didukung teknologi OIS dan 3x optical zoom serta kamera ultra wide 12 MP aperture f/2.2. Di bagian depan ada kamera 12 MP aperture f/1.9.

Masa Pakai Baterai Lebih Lama

Pada peluncurannya Apple tidak menyebutkan kapasitas baterai untuk keempat seri iPhone 14. Hanya saja menurut rumor yang beredar, iPhone 14 menggunakan baterai 3.279 mAh, iPhone 14 Plus sebesar 4.325 mAh, iPhone 14 Pro 3.200 mAh dan iPhone 14 Pro Max 4.323 mAh.

Sedangkan daya tahan baterai iPhone 13 untuk memutas video atau video hanya 19 jam dan 75 jam. Hasil yang sama juga terjadi untuk iPhone 14 Pro Max.

Baterai HP ini mampu bertahan hingga 29 jam dan 95 jam ketika dipakai untuk memutar video dan audio. Hasil yang juga lebih kuat kalau dibandingkan dengan iPhone 13 Pro Max yang kuat dipakai selama 28 jam untuk memutar video.

Build Quality

Perubahan desain pada iPhone 14 Pro Max memang tidak ekstrem. Selain poni, modul kamera (yang membesar), dan dimensi, tidak ada lagi perubahan bentuk yang tampak secara visual. Selebihnya konstruksi HP ini masih mirip dengan iPhone 13 Pro Max.

Namun, Apple menawarkan opsi warna yang benar-benar segar. Ada empat opsi warna yang ditawarkan: Deep PurpleGoldSilver, dan Space Black. Seluruhnya memiliki karakter matteDeep Purple alias ungu adalah varian yang paling menyita perhatian, terutama bagi para fashionista.

Kesan premium dari ponsel yang satu ini tetap terpancar lewat frame rata dengan material stainless steel. Lalu material kaca pada bagian depan dan penutup belakang. Khusus bagian depan, Apple menambahkan kaca keramik untuk meningkatkan durabilitas ponsel saat mengalami benturan.

Yang menarik, penutup belakang kaca iPhone 14 Pro Max kini removable (dapat dilepas). Anda dapat menggantinya sendiri jika terjadi insiden pecah. Akan tetapi, jika Anda belum mahir, sebaiknya serahkan penggantian kaca penutup belakang pada petugas di service center Apple.

Adapun iPhone 14 Pro Max juga memiliki sertifikasi IP68. Berarti HP ini tahan debu 360 derajat serta tahan air hingga kedalaman 6 meter selama 30 menit.

Bagi Anda yang khawatir dengan kabar bahwa iPhone 14 Pro Max hadir tanpa slot SIM, tetaplah tenang. Di luar pasar Amerika Serikat, termasuk Indonesia, HP ini tetap memiliki slot SIM.

Beberapa penguji memberi catatan positif terhadap desain iPhone 14 Pro Max. Misalnya Mark Spoonauer dari Tom’s Guide. Spoonauer merasa senang dengan polesan warna pada frame yang kini selaras dengan warna penutup belakang.

Masih soal warna, Stan Schroeder dari Mashable menilai bahwa varian Space Black mungkin akan jadi favorit. Alasannya karena perpaduan frame hitam legam dengan penutup belakang abu-abu tua sepertinya serasi.

Meski begitu, Schroeder akan tetap memilih Deep Purple karena punya kesan yang lebih kalem. Terlebih jika ponsel dengan varian warna tersebut dipakai di tempat remang-remang.

Tersedia Fitur Emergency SOS 

Apple juga memperhatikan aspek keamanan. Hal ini dapat terlihat dari fitur Emergency SOS via Satelit. Fitur ini menggabungkan komponen khusus yang sangat terintegrasi dengan perangkat lunak untuk memungkinkan HP erhubung langsung ke satelit.

Dengan fitur SOS, pengguna bisa melakukan pengiriman pesan dengan layanan darurat saat berada di luar jangkauan seluler atau Wi-Fi. Sebelum mengirimkan pesan, fitur ini akan menampilkan beberapa pertanyaan penting untuk menilai situasi pengguna.

Lalu ponsel akan menunjukkan kepada pengguna, ke mana harus mengarahkan ponsel mereka terhubung ke satelit untuk kemudian mengirimkan pesan ke teman atau keluarga. Selain untuk mengirimkan pesan, fitur Emergency SOS bisa juga dipakai untuk berbagi lokasi mereka ke orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *