Inilah 10 Alasan Mengapa front-end developer Adalah Pilihan Karir yang Hebat

181
0

Apa yang dilakukan front-end developer?

Front-end developer bertanggung jawab atas antar muka dari aplikasi web. Mereka harus memiliki pemahaman yang kuat tentang HTML, CSS, dan JavaScript. Selain itu, mereka harus memiliki pemahaman yang baik tentang pengalaman pengguna dan interaktivitas.

Tugas front-end developer adalah membuat interface pengguna dan pengalaman pengguna untuk aplikasi web. Mereka bekerja sama dengan web desainer dan back-end dev untuk menciptakan pengalaman yang menarik bagi pengguna.

Apa tanggung jawab front-end developer?

Tanggung jawab seorang front-end developer meliputi:

  • Membuat user interface dan user experience untuk aplikasi web
  • Bekerja sama dengan desainer web dan pengembang back-end untuk menciptakan pengalaman yang menarik bagi pengguna
  • Memastikan bahwa user interface mudah digunakan dan menarik secara visual
  • Menulis kode yang sesuai standar dan dioptimalkan untuk kinerja
  • Menguji user interface untuk memastikannya kompatibel dengan berbagai browser dan perangkat
  • Men-debug kesalahan dan memperbaiki masalah

Mengapa menjadi pengembang front-end?

1. Anda akan sangat diminati

Ketika dunia menjadi semakin digital, permintaan untuk pengembang front-end akan meningkat.

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, prospek pekerjaan untuk pengembang web (termasuk pengembang front-end) diproyeksikan tumbuh sebesar 15% dari 2016 hingga 2026, yang jauh lebih cepat daripada rata-rata untuk semua pekerjaan.

2. Anda dapat bekerja di mana saja di dunia

Jika Anda ingin bepergian dan bekerja pada saat yang sama, menjadi pengembang front-end adalah pilihan yang bagus. Karena begitu banyak pekerjaan yang dapat dilakukan dari jarak jauh, Anda dapat dengan mudah menemukan pekerjaan sebagai pekerja lepas di sejumlah negara.

3. Anda tidak akan pernah bosan

Tidak ada dua hari yang sama untuk pengembang front-end. Anda akan terus-menerus mempelajari hal-hal baru dan memperluas keahlian Anda. Dan seiring berkembangnya web, demikian pula peran pengembang front-end.

4. Anda dapat mengerjakan berbagai proyek

Sebagai pengembang front-end, Anda akan memiliki kesempatan untuk mengerjakan berbagai proyek. Dari bisnis kecil hingga perusahaan besar, ada pasokan pekerjaan yang tidak pernah berakhir.

5. Anda bisa mendapatkan gaji yang bagus

Selain diminati, pengembang front-end juga mendapat gaji yang bagus. Menurut Glassdoor, gaji rata-rata untuk pengembang front-end di Amerika Serikat adalah $95.000 per tahun.

6. Anda tidak perlu gelar sarjana

Tidak seperti banyak profesi lain, Anda tidak perlu gelar sarjana untuk menjadi pengembang front-end. Meskipun gelar mungkin memberi Anda kesempatan, ada banyak cara untuk mempelajari keterampilan yang diperlukan tanpa harus kuliah.

7. Anda dapat memulai dengan cepat

Jika Anda ingin memulai karir Anda dengan tergesa-gesa, menjadi pengembang front-end adalah pilihan yang bagus. Dengan keahlian yang tepat, Anda dapat segera mulai lepas.

8. Anda dapat bekerja secara mandiri atau dalam tim

Sebagai pengembang front-end, Anda memiliki pilihan untuk bekerja secara mandiri atau dalam tim. Jika Anda lebih suka bekerja sendiri, Anda dapat dengan mudah mencari pekerjaan sebagai freelancer. Tetapi jika Anda lebih menyukai persahabatan dalam lingkungan tim, ada banyak posisi internal yang tersedia.

9. Anda bisa membuat perbedaan

Sebagai pengembang front-end, Anda memiliki kesempatan untuk membuat perbedaan nyata di dunia. Anda dapat menggunakan keahlian Anda untuk membangun situs web yang mendidik, menginformasikan, dan menghibur. Anda juga dapat menggunakan keahlian Anda untuk membuat situs web yang membuat perbedaan dalam kehidupan orang-orang.

10. Anda bisa bersenang-senang

Last but not least, menjadi pengembang front-end bisa sangat menyenangkan. Jika Anda menyukai web dan menikmati pemecahan masalah, Anda akan menemukan banyak hal yang disukai tentang karier ini.

Jika Anda mencari karir yang menantang dan bermanfaat, menjadi pengembang front-end adalah pilihan yang bagus. Dengan permintaan tinggi untuk pengembang front-end dan gaji yang bagus, ada banyak hal yang disukai tentang profesi ini. Jadi tunggu apa lagi? Mulailah mempelajari keterampilan yang diperlukan dan memulai karir baru Anda hari ini.

Sumber : hackernoon.com | Amr Taufik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *