Ide Bisnis Tahun 2023

189
0

Untuk memulai sebuah bisnis, pertama-tama Anda perlu memiliki ide bisnis yang kuat dan menarik. Kemudian, Anda perlu mengembangkan rencana bisnis yang memuat detail tentang bagaimana bisnis tersebut akan berjalan, termasuk bagaimana Anda akan menjual produk atau jasa, dan memasarkannya. Namun dibawah ini merupakan ide bisnis yang tidak hanya bisa dilakukan oleh pengusaha besar. Ibu rumah tangga bahkan mahasiswa pun bisa melakoninya untuk menambah penghasilan. 

1. Dropshipper atau Reseller

Bagi Anda yang berminat memulai bisnis dropship, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari supplier yang membuka dropship. Setelah menemukan supplier dan produk yang cocok, barulah Anda mulai melancarkan strategi marketing untuk menarik pelanggan.

Dalam sistem dropship, Anda berperan sebagai “penghubung” antara pelanggan dengan supplier. Pelanggan memesan barang dan membayar pesanan melalui Anda, lantas Anda meneruskan pesanannya ke supplier. Pihak yang akan menyiapkan dan mengirim pesanan pada pelanggan adalah supplier. Pesanan tentu dikirim atas nama Anda sebagai dropshipper

Cara kerja reseller hampir mirip dengan dropshipper, tetapi berbeda dari sisi permodalan. Jika ingin menjadi reseller, Anda harus menyiapkan sejumlah dana untuk membeli barang dari produsen. Tentunya, harga barang tersebut lebih rendah daripada pasaran. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga kulakan dan penjualan langsung ke konsumen.

Contoh Usaha Reseller Makanan dan Minuman

2. Menjual Frozen Food

Frozen food merupakan ide usaha yang tengah berkembang saat ini khususnya sejak pandemi dalam beberapa tahun terakhir. Permintaan terhadap makanan beku (frozen food) belakangan meningkat pesat. Tak sedikit, masyarakat pun berlomba-lomba memulai bisnis frozen food demi meraup keuntungan. Oleh sebab itu, bisnis agen frozen food sangat menjanjikan, Usaha atau bisnis frozen food bisa dimulai dari rumah. Bila dikelola dengan sungguh-sungguh, Anda bisa mendapatkan omzet dan laba yang lumayan besar. 

3. Jasa Affiliate Marketing

Anda ingin mendapatkan penghasilan puluhan juta dari internet? Jasa affiliate marketing merupakan pilihan bisnis yang tepat untuk meraih pendapatan 40—70 persen dari total nilai transaksi. Sebagai contoh, nilai transaksi Anda Rp100 juta. Berarti, profitnya sekitar Rp40—70 juta.

Untuk mendapatkan profit tersebut, tentunya harus ada upaya yang dilakukan. Salah satunya dengan mempromosikannya di media sosial. Anda juga bisa menggunakan cara affiliate marketing melalui blog dan YouTube.

Ketika anda ingin menjalankan model bisnis affiliate marketing, maka tentunya anda harus dapat mendaftarkan diri kepada perusahaan atau organisasi web afiliasi dimana dari situ orang tersebut akan mendapatkan sebuah link afiliasi.

Melalui link afiliasi tersebut, seseorang dapat mempromosikan barang maupun jasa yang ditawarkan melalui berbagai platform yang tersedia, baik media sosial seperti Instagram, Facebook, dan sebagainya, melalui website ataupun blog, hingga berbagai forum online yang tersedia. Jika terjadi pembelian melalui link afiliasi tersebut terhadap produk maupun jasa, maka orang yang mendaftar tersebut baru mendapatkan komisi.

Apa Itu Affiliati Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *